free web page counters

Apakah Boleh Melatih Otot Berlawanan Di Hari Yang Sama?

“Bro jangan latih bisep dan trisep di hari yang sama!”


Katanya Bicep dan Tricep Berlawanan…really?

Gua pribadi kasih aja jawabannya.
Lo boleh melatih otot ‘berlawanan’ di hari yang sama kok.

Dalam dunia fitness terdapat banyak mitos-mitos yang tampaknya tidak akan mati.
Kalau didengar sekilas tanpa dipikirin dengan matang, biasanya orang pribadi percaya.

“Jangan makan malam! Nanti gendut!”
“Jangan makan lemak! Nanti jadi lemak di perut lo!”
“Jangan latih otot berlawanan! Nanti ga tumbuh”

Jujur aja ya, gua agak galau gimana membahas mitos “otot berlawanan”.
Karena ini sama sekali tidak masuk akal.

Daftar Isi

  1. Apa itu Otot Berlawanan?
  2. Contoh Atlet yang Melatih Otot ‘Berlawanan’
  3. Prinsip Latihan yang BENAR
  4. Penutup
____________________________________________

1. Apa itu Otot Berlawanan?

Kadang-kadang ada orang yang juga bilang:
“Jangan latih otot yang antagonis! Kalo latih bisep, jangan latih trisep juga!”
….what?
Apa itu otot antagonis?
Apa itu otot berlawanan?
Untuk orang yang suka berguru anatomi, emang ada beberapa otot yang sanggup disebut ‘berlawanan’

Contoh anggun yaitu gerakan FLEXION vs EXTENSION



Bicep Curls (Flexion of the Elbow) – Tricep Pushdown (Extension of the triceps)

Contoh diatas merupakan tumpuan anggun dimana secara konsep, kedua gerakan tersebut sanggup disebut berlawanan.
Tapi masalahnya disini…
Memang benar gerakan Bicep Curls lebih melatih biceps dan Tricep Pushdown lebih melatih Triceps..
Tetapi kedua otot tersebut tetep bekerja sama dalam gerakan apapun yang memakai tangan.

Sebagai contoh, otot Bisep akan membantu gerakan stabilisasi dalam Tricep Pushdown.
Dan otot
Trisep akan membantu stabilisasi dalam gerakan bicep curls.

Karena alasan inilah gua sangat susah membahas mitos yang dari awalnya memang tidak masuk akal.
Kalo lo melatih gerakan apapun yang
menggunakan tangan, kemungkinan besar seluruh tangan akan bekerja sama.

Contoh Konsep Lain Otot Berlawanan Bagus yaitu Gerakan Menarik (PULL) dan Gerakan Mendorong (PUSH).

Salah satu jadwal latihan yang berdasarkan gua anggun yaitu variasi PUSH dan PULL.
Dimana pada hari PUSH WORKOUT, kita melatih gerakan mendorong yang biasanya termasuk latihan otot dada, bahu, trisep, dan terkadang kaki. Contoh anggun yaitu benchpress dan overheadpress.

Pada hari PULL WORKOUT, kita melatih gerakan menarik yang biasanya termasuk latihan otot punggung, bisep, trapezius dll. Contoh anggun yaitu Pull Ups, Rows, dan Bicep Curls.


Sebelum gua lanjut, mohon ingat prinsip latihan yang anggun yaitu:
  • Latih seluruh tubuh 2-3x seminggu
  • Berikan waktu otot istirahat minimal 1 hari sebelum melatih otot yang sama lagi
    Link to full article here

Dalam tumpuan workout Push vs Pull, tumpuan variasi anggun yang mengikuti peraturan diatas adalah:


Senin = Push Workout
Selasa = Pull Workout
Rabu Istirahat
Kamis = Push Workout
Jumat = Pull Workout
Sabtu dan Minggu Istirahat


Tapi… Variasi latihan Upper dan Lower Split juga efektif dan mematuhi prinsip latihan diatas.
Upper Workout fokus tubuh atas dan Lower Workout fokus tubuh bawah (kaki, lower back)

Senin = Lower
Selasa = Upper
Rabu = Istirahat
Kamis = Upper
Jumat = Lower
Sabtu = Upper
Minggu = Istirahat

Dan pada hari Upper Body Workout.. biasanya kita melaksanakan gerakan flexion dan extension – dalam arti niscaya melatih otot yang kata orang-orang ‘berlawanan’


Sekali lagi Gua tanya kalian, Apa itu Otot Berlawanan?

Latihan Bicep sama Tricep sanggup dibilang berlawanan.
Latihan Dada dan Bicep sanggup dibilang berlawanan.
Apa lawan otot bahu?
Apa lawan otot betis?
Apa lawan otot Trapezius (leher)?
Konsep ‘jangan melatih otot berlawanan’ itu sama sekali tidak masuk akal. Otot akan tumbuh besar dan tambah berpengaruh asal kita latihan konsisten, makan sehat, dan istirahat.
Latihan itu simple!
Kenapa ditambah peraturan-peraturan aneh?
Sekali lagi gua ulang, jadwal latihan yang anggun itu harus:
  • Fokus tambah kuat
  • Berikan otot waktu istirahat minimal 1 hari sebelum dilatih lagi
  • Usahakan semoga melatih seluruh minimal 2x seminggu!

____________________________________________

2. Contoh Atlet yang Melatih Otot Berlawanan

Sejauh ini gua udah sekitar 4 tahun latihan di gym dengan serius.
Program yang gua jalankan sudah gua share dalam bab jadwal latihan diatas.
Gua seumur hidup selalu melatih otot ‘berlawanan’ di hari yang sama.
Lebih tepatnya, jadwal latihan gua itu selalu
Full Body Workout atau memakai Upper Lower Split.

Tentu saja gua bukan orang paling berpengaruh atau besar di dunia ini, tapi hasil latihan gua tidak mengecewakan lah.

But you know it’s not just me…
Sebagian besar atlet / fitness models yang kalian follow pasti juga pernah melatih otot ‘berlawanan’ di hari yang sama!

Lihat saja workoutnya Jeff Seid.


Contoh anggun yang lain yaitu jadwal latihan Agonist-Antagonist Arnold Schwarzenegger dimana ia memastikan untuk melatih otot yang berlawanan di hari yang sama.




Coba aja ngomong ke Arnold:
“Eh jangan latih otot yang berlawanan! nanti ga tumbuh!

He will laugh at your face



____________________________________________


3. Prinsip Latihan yang BENAR

Pasti akan ada orang di gym yang agak sok tau dan ingin menunjukkan tips fitness.
Padahal tubuh mereka sebenernya biasa saja dan benchpress 60kg dengan gerakan setengah-setengah.

Tolong diingat juga bahwa maksud mereka bekerjsama baik.
Mereka merasa sanggup membantu lo, dan jadinya menyebar mitos-mitos yang tidak benar.

Konsep melatih ‘otot berlawanan’ itu sanggup berkhasiat jikalau kita memakai jadwal latihan Push vs Pull atau bahkan jadwal Antagonis-Agonis Arnold Schwarzenegger.

Ingat saja bahwa prinsip latihan yang benar itu sangat simple!

  • Fokus tambah kuat
  • Berikan otot waktu istirahat minimal 1 hari sebelum dilatih lagi (Jangan everyday chest day)
  • Usahakan semoga melatih seluruh minimal 2x seminggu!

____________________________________________


4. Penutup

“Jangan melatih otot yang berlawanan! Nanti ga tumbuh! Kalo hari ini bisep, latih bisep aja!” yaitu MITOS yang sama sekali tidak mempunyai basis secara ilmiah. 


Otot akan tumbuh asal kalian disiplin latihan, mengatur pola makan, dan terus fokus untuk tambah kuat. Tolong bantu sebar artikel ini semoga pengetahuan Fitness Indonesia makin top.
Regards and stay strong guys.
Brodibalo

____________________________________________

Pencarian: