Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Bingung, bagaimana Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami pada kulit wajah? Memiliki masalah dengan kulit wajah berjerawat memang menjadi masalah yang sering membuat banyak orang merasa prustasi, karena setelah jerawat hilang dan kering, maka biasanya akan meninggalkan noda hitam di wajah yang lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawatnya sendiri.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Itulah sebabnya banyak orang yang sering panik jika muncul jerawat pada wajahnya, terutama bagi kaum wanita yang selalu menjaga kebersihan dan kecantikan kulit wajahnya agar tampak bersih dan bebas dari masalah kulit seperti jerawat.

Penyebab Jerawat

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat sering muncul pada kulit wajah, antara lain :

  • Pemakaian produk kosmetik yang tidak cocok

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua produk kosmetik yang dijual di pasaran cocok untuk semua jenis kulit. Untuk itu, pilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda, karena jika produk kosmetik yang anda pakai tidak cocok bisa menyebabkan timbul masalah pada kulit salah satunya jerawat. Bahkan pada beberapa jenis kosmetik dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit wajah, ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia yang tidak cocok dengan jenis atau karakteristik kulit tertentu.

  • Kebiasaan Memegang Kulit Wajah

Sering melakukan kebiasaan memegang kulit wajah menggunakan tangan merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena ketika memegang kulit wajah belum tentu jika tangan kita dalam keadaan bersih dan bebas dari kuman ataupun bakteri. Dengan sering melakukan kebiasaan memegang kulit wajah inilah kuman dan bakteri akan menyerang dan memicu tumbuhnya jerawat. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan buruk tersebut apalagi jika menyentuh atau memencet jerawat menggunakan tangan.

  • Sering Berkeringat

Bagi anda yang memiliki aktivitas cukup pada diluar rumah, maka sering kali kulit wajah kita berkeringat. Kaibat sering berkerigat inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadi infeksi dan menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah. Maka dari itu, biasakan untuk selalu membersihkan keringat di wajah dengan cara mencuci muka dengan air bersih. Selain itu, bakteri dan kuman yang terdapat pada keringat juga dapat berpotensi menyebabkan kulit mengalami iritasi.

  • Terlalu Sering Mencuci Muka Dengan Sabun Muka

Meskipun kita harus selalu menjaga kebersihan wajah dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk, namun bukan berarti kita harus sering membersihkan wajah dengan cara mencuci menggunakan sabun wajah. kebiasaan ini justruk berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah anda, karena terlalu sering menggunakan sabun muka dapat menyebabkan terjadinya iritasi yang berpotensi juga menyebabkan tumbuhnya jerawat. Sebaiknya mencuci wajah dengan sabun muka tidak lebih dari 2 kali sehari pada pagi dan sore setelah selesai beraktivitas. Anda bisa membersihkan kulit wajah anda lebih dari 2 kali asalkan tidak memakai sabun pembersih wajah, tetapi cukup dengan menggunakan air bersih saja.

  • Kurang Tidur

Terlalu sering tidur larut malam sering kali menyebabkan munculnya jerawat, karena jika sering mengalami kurang tidur dapat membuat pikiran mudah stres. Maka dari itu, hindari kebiasaan bergadang terlalu larut malam yang membuat kita kurang tidur, karena jika tubuh kita kurang istirahat dapat memaksa tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak dari kondisi normal. Kondisi inilah yang menjadikan kulit mudah berjerawt setelah kita bergadang.

  • Stress

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, stres adalah salah satu penyebab jerawat yang paling sering dialami banyak orang. Karena ketika seseorang sedang stres atau banyak pikiran, maka kondisi hormon di dalam tubuh mengalami ketidak seimbangan dan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon lebih banyak dari biasanya agar tetap stabil.

  • Makanan Kurang Sehat

Beberapa jenis makanan juga dapat memicu terjadinya jerawat, beberapa diantaranya seperti makanan manis, goreng-gorengan, kacang-kacangan dan juga makanan tinggi lemak. Terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut daoat membuat kulit mudah berjerawat. • Jarang Membersihkan Wajah Bagi anda yang suka memakai make up atau sering beraktivitas di luar ruangan, maka sebaiknya anda selalu memperhatikan kebersihan kulit wajah anda, pastikan setiap sebelum dan setelah beraktivitas anda membersihkan kulit wajah terlebih dahulu, karena penumpukan kotoran dan sisa make up dapat menyebabkan jerawat mudah tumbuh.

  • Jarang Olahraga

Kurang melakukan aktivitas fisik yang dapat mengeluarkan keringat dapat menjadi penyebab kulit wajah mudah berjerawat. Hal ini dikarenakan, keringan yang keluar dari kulit akan sekaligus membawa keluar kotoran-kotoran yang ada di dalam pori-pori. Pastikan anda segera membersihkan diri setelah berolahraga, karena jika dibiarkan terlalu lama hingga keringat kering dapat berpotensi menjadi penyebab jerawat.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab jerawat. Untuk mengatasinya anda bisa simak (cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari).

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Di Hidung Secara Alami

Meskipun jerawat sudah hilang, namun sering kali meninggalkan bekas berupa noda hitam yang lebih sulit untuk dihilangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat tersebut. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan, salah satunya dengan cara alami tetapi asalkan dilakukan penanganan dengan tepat dan rutin, noda hitam bekas jerawat akan berangsur-angsur memudar dan hilang.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

1. Gunakan Putih Telur

Manfaat Putih Telur

Putih Telur

Putih telur memang sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, melakukan perawatan menggunakan masker putih telur juga mampu menjadikan kulit wajah halus, lembut dan kenyal.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan putih telur cukup mudah. Caranya yaitu : Pertama-tama siapkan satu butir putih telur ayam, lalu oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara merata. Diamkan selama 30 menit hingga masker kering, lalu bilas hingga bersih dengan air dan sabun muka. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera umumnya dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah rambut, namun ternyata lidah buaya juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan juga node hitam bekas jerawat serta menjadikan kulit wajah tampak lebih halus, lembut dan kenyal.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dalam 1 Hari

Cara yaitu : Siapkan 1 batang tanaman lidah buaya segar, lalu kupas kulitnya dan ambil gel nya. Setelah itu, bersihkan klit wajah dengan air hangat dan keringkan. Selanjutnya, oleskan gel lidah buaya secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah dan biarkan hingga kering minimal 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih sampai tidak ada masker lidah buaya yang tersisa pada kulit wajah anda. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya lakukan perawatan wajah ini secara rutin dan teratur setiap malam sampai noda hitam bekas jerawat hilang. Setelah kulit wajah anda bersih dan noda hitam hilang, anda masih dapat melakukan perawatan ini minimal 1 kali seminggu.

3. Gunakan Masker Lemon dan Madu

Masker Lemon dan Madu

Masker Lemon dan Madu

Kombinasi air perasan jeruk lemon dan madu memang terbukti sangat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat membandel dan juga menyamarkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Selain itu, campuran dari kedua bahan alami ini juga sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah kusam.

Caranya yaitu : Siapkan satu sendok makan air perasan jeruk lemon segar, lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Sebelum melakukan pemaskeran, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda menggunakan sabun muka seperti biasa. Setelah itu, oleskan masker yang telah dibuat tadi secara merata pada kulit wajah dan leher. Diamkan hingga masker kering, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali seminggu, sedangkan untuk perawatan bisa dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Itulah beberapa cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah yang dapat anda lakukan di rumah, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami | Cara Sehat | 4.5

Leave a Reply