Cara Mengobati Batuk Pada Anak Tanpa Obat

Cara Mengobati Batuk Pada Anak

Cara Mengobati Batuk Pada Anak

Cara Mengobati Batuk Pada Anak – Ketika terseang batuk, anak sering kali merasa gelisah pada saat sedang tidur dikarenakan terganggu oleh batuk yang di alaminya, mengalami penurunan nafsu makan karena rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan juga dapat diertai dengan muntah secara berulang yang disebabkan oleh batuk itu sendiri.

Biasanya batuk pada anak lebih bersifat self limiting atau dapat sembuh dengan sendirinya, para orang tua pun dapat memberikan mereka terapi tanpa obat yang terbukti cukup efektif untuk meredakan batuk pada anak. Berikut ini beberapa tindakan terapi non-obat yang bisa anda lakukan pada anak anda, seperti :

  • Jika anak anda menderita batuk berdahak, maka berikan anak anda minum air putih hangat secara sering. Manfaat air putih hangat ini dapat berfungsi sama hal nya dengan obat mukolitik, yaitu dapat membantu dalam mengencerkan dahak di tenggorokan. Selain itu, banyak minum air hangat juga dapat membantu mengencerkan ingus dan lendir pada tenggorokan, sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan.
  • Untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dan masih mendapatkan ASI eksklusif, maka sangat disarankan agar mereka lebih sering minu ASI.
  • Bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif sebaiknya diberikan minum air putih hangat sebanyak 1-3 sendok teh 4 kali dalam sehari, sedangkan untuk bayi yang mendapatkan ASI eksklusif baru bisa diberikan air hangat jika usianya diatas 6 bulan.
  • Sebagai upaya alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan, maka ibu bisa memberikan anak anda madu yang memiliki banyak khasiat dan telah diakui oleh para dokter. Bahkan menurut peelitian yang dilakukan American Academic of Pediatric pada tahun 2008 menjelaskan bahwa madu sangat berkgasiat untuk meredakan batuk pada anak di malam hari dan dinilai lebih aman untuk mengatasi batu pada anak-anak. Selain itu, madu juga lebih aman dan efektif dibandingkan dengan dextromethrophan yang merupakan kandungan utama yang terdapat pada obat batuk. Perlu anda ketahui, jangan berikan madu kepada bayi dibawah 1 tahun untuk mencegah dan menghindari resiko botulisme atau keracunan. Berikut ini aturan minum madu yang dapat diberikan sesuai usia anak, yaitu :
  • Usia 2-5 tahun : 1/2 sendok teh
  • Usia 6-11 tahun : 1 sendok teh
  • Usia > 11 tahun : 2 sendok teh
  • Coba berikan larutan garam dengan mencapurkan ½-1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, teteskan sebanyak 2-3 tetes air garam tersebut pada lubang hidung anak, lalu sedot menggunakan suction atau alat penyedot ingus. Cara ini dapat membantu mengurangi penyumbatan pada saluran hidung anak. Bagi anak yang usianya sudah besar, larutan garam ini dapat digunakan untuk berkumur yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.
  • Balurkan balsam pada tubuh anak mulai dari daerah leher, dada dan punggung. Hindari penggunaan balsam pada bagian bawah hidung, balsam yang memiliki kandungan camphor, mentol dan juga minyak eucaliptus mampu meredakan batuk pilek dan juga dapat membuat anak merasa lebih nyenyak saat tidur.
  • Berikan anak anda makan dan minum dalam porsi yang sedikit tetapi lebih sering agar anak tidak merasa mual dan muntah.
  • Hindari pemberian makan dan minuman yang dapat menyebabkan anak batuk seperti es, coklat, permen dan juga makanan berlemak.
  • Jauhkan anak anda dari asap rokok, larang orang-orang yang merokok di rumah anda untuk tidak merokok di kawasan tempat bermain anak.
  • Usahakan agar anak anda lebih banyak istirahat dan hindari anak main secara berlebihan.

Itulah beberapa cara mengobati batuk pada anak tanpa obat yang bisa anda coba lakukan, semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu meredakan batuk yang diderita oleh anak anda. jika dalam 3 hari batuk anak tidak juga hilang, maka anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter anak terdekat.

Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Batuk Pada Anak Tanpa Obat | Cara Sehat | 4.5