15 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

By On Kamis, Juli 27th, 2017 Categories : Kesehatan

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi – Mendengar kata kolesterol, bagi sebagian besar kalangan masyarakat menganggap jika penyakit tersebut adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Perlu di luruskan bahwa anggapan tersebut sangatlah keliru, karena pada dasarnya kolesterol sendiri tetap dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kolesterol baik, sedangkan kolesterol yang tidak baik atau kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh semakin banyak, maka tubuh pun akan lebih beresiko terserang penyakit –penyakit berbahaya. Beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi diantaranya yaitu hipertensi, penyakit jantung, stroke dan masih banyak lagi jenis-jenis penyakit lain yang disebabkan oleh kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Penyabab Kolesterol Tinggi

Ada banyak faktor penyebab kolesterol tinggi, salah satu faktor yang paling mempengaruhi tingginya kadar kolesterol jaha di dalam darah adalah pola hidup yang tidak sehat.

Berikut ini merupakan beberapa pola hidup yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah, yaitu :

Sering Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat

Makanan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kadar koletsrol dalam darah, salah satunya yaitu jenis makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh yaitu seperti makanan bersantan, jeroan, daging kambing, kulit ayam, daging bebek, otak sapi, udang, cumi, kerang dan juga telur puyuh.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Bagi orang yang enggan berolahraga atau kurangnya melakukan aktivitas fisik sangat rentan terjadi peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kebiasaan Merokok

Bagi anda para perokok aktif, di dalam asap rokok mengandung zat-zat kimi yang sangat berbahaya yang disebut dengan akrolein. Zat tersebut dapat menghentikan aktivitas dari HDL (Kolesterol Baik) yang berperan penting dalam mengangkut penumpukan lemak pada tubuh untuk menuju ke organ hati untuk di buang keluar tubuh. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, maka dapat menyebabkan terjadinya penyempitan arteri atau dikenal dengan istilah medis aterosklerosis.

Mengonsumsi Minuman Keras

Sering melakukan kebiasaan mengonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol ternyata sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Bagi yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas sangat rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol tinggi, karena di dalam tubuh akan memiliki indeks massa tubuh yang tinggi diatas 25 (kg/m2). Di dalam tubuh mereka akan memiliki kadar kolesterol jahat dan juga kadar trigleserida yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar kolesterol baik. Trigliserida adalah salah satu jenis zat lemak dalam darah. Meningkatnya kadar trigliserida dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, obesitas, sering mengonsumsi minuman beralkohol dan juga terlalu sering mengkonsumsi makanan manis atau berlemak.

10 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Selain menjaga pola hidup yang lebih sehat, ternyata kadar kolesterol juga dapat dikontrol dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan sehat. Berikut ini merupakan beberapa makanan penurun kolesterol tinggi, diantaranya yaitu :

1. Buah Tomat

Cara menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah tomat secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat memiliki kandungan senyawa likopen yang dapat mencegah penyakit jantung dan juga stroke. Untuk mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan cara di jadikan minuman jus, pelengkap makanan atau juga dapat dikonsumsi secara langsung. Bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah tomat sebanyak 50 gram setiap harinya. Selain terdapat pada buah tomat, senyawa likopen juga dapat ditemukan pada buah lain seperti pepaya, jambu biji dan juga buah semangka.

2. Buah Delima

Buah delima juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Di dalam buah delima sangat kaya akan kandungan antioksidan yang termasuk ke dalam jenis polifenol yang sangat bermanfaat untuk mempercepat dalam menurunkan kolesterol jahat. Menurut dari hasil penelitian, minum jus buah delima secara rutin setiap hari mampu menghambat proses penumpukan kolesterol jahat pada saluran arteri. Minuman jus buah delima dalam bentuk kemasan memang secara umum aman untuk diminum, tetapi sebaiknya anda membuat sendiri tanpa menggunakan tambahan gula.

3. Buah Alpukat

Daging buah alpukat tidak hanya lembut dan nikmat dikonsumsi, tetapi juga mengandung lemak tak jenuh dan juga senyawa pitosterol yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Di dalam buah alpukat juga memiliki sumber potasium yang sangat baik, kaya akan vitamin C, K, B6, serat makanan dan juga asam folat. Cara mengkonsumsinya pun dalam dijadikan minuman jus atau diolah sesuai selera asalkan tidak diberi tambahan gula.

4. Kacang Almond

Kacang Almond adalah salah satu jenis kacang yang memiliki rasa sangat nikmat. Selain itu, dibalik rasanya yang nikmat kacang ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Kandungan lemak yang terkandung di dalam kacang Almond ini mampu mengurai kolesterol jahat, kacang yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin E dan juga kalsium yang cukup tinggi.

Menurut dari hasil penelitian dilaporkan bahwa telah terjadi penurunan hingga 10% kolesterol jahat pada pasien yang sering mengkonsumsi kacang almond dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya. Efek dari penurunan ini tidak akan merugikan terhadap kadar kolesterol per harinya.

5. Buah Jeruk

Dengan mengkonsumsi buah jeruk atau minum jus jeruk secara rutin setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dlam darah, ini dikarenakan jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya seperti asam folat dan juga potasium. Kandungan nutrisi tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya oksidasi LDL, memiliki tingkat konsentrasi honosistein plasma yang sangat rendah dan juga dapat berkontribusi pada tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu, menambahkan jus jeruk pada menu diet anda sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda.

6. Gandum

Jika anda bingun memilih makanan sehat sebagai pengganti sarapan pagi anda, maka dengan makan gandum dapat menjadi solusi terbaik untuk menurunkan kolesterol LDL. Caranya yaitu, anda cukup dengan mengganti menu sarapan pagi anda dengan menyiapkan dua porsi gandum setiap pagi. Gandum tersebut sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat hingga 5.3% hanya dalam waktu 6 minggu saja. Di dalam gandum mengandung Beta-glukan, zat ini mampu menyerap kolesterol LDL sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar.

7. Ikan Salmon

Ikan salmon memang sudah sangat terkenal dengan kandungan Omega-3 nya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya mampu mencegah kolesterol tinggi. Daging ikan salom dapat menurunkan trigliserida dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga dapat meminimalisir resiko penyakit jantung. Ikan Salmon sangat rendah kolesterol dan juga lemak jenuh.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon setiap minggunya, untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa membuah salmon panggang. Anda juga bahkan dapat memanfaatkan minyak salmon untuk dijadikan sebagai suplemen, namun pastikan adna mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

8. Oatmeal

Biasakan sarapan dengan oatmeal yang merupakan pilihan tepat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh. Hal ini, karena kandungan serat larut air yang tinggi pada oatmeal membantu proses penurunan kadar LDL. Dengan rutin mengkonsumsi oatmeal setiap hari juga dapat membantu mengurangi terjangkit penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Awali sarapan dengan semangkuk oatmeal setiap.

9. Dark Chocolate

(Cokelat Hitam) Konsumsi 1 sampai 2 potong kecil cokelat hita setiap hari, hal ini dapat membantu anda untuk mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Dalam sebuah studi di America Journal of Clinical Nutrition tahun 2013 memaparkan bahwa kandungan theobromine dalam cokelat hitam bermanfaat untuk meningkatkan kadar HDL. Selain itu, pada cokelat hitam juga tinggi akan kandungan antioksidan dan flavonoid yang berfungsi untuk mengurangi resiko serangan penyakit jantung dan stroke.

10. Beras Merah

Kandungan manacolins pada beras memiliki fungsi untuk menghambat kadar kolesterol jahat sekaligus membantu proses penurunan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Beras merah telah digunakan sebagai pengobatan alami di china sejak ribuan tahun yang lalu. Konsumsi 1 sampai 2 porsi kecil nasi merah setiap harinya. Dalam sebuah penelitian membuktikan dengan mengkonsumsi beras merah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jika anda akan mengonsumsi beras merah, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter mengenai takaran yang pas yang disesuaikan dengan kebutuhan perhari. Jangan pilih cara ini jika kondisi tubuh anda sedang hamil, menyusui serta menderita gangguan hati.

Selain mengkonsumsi makan diatas, anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara berolahraga. Olahraga dapat membantu anda agar lebih cepat untuk turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, karena gerakan fisik secara aktif dapat menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Pilihlah jenis olahraga dengan terlebih dulu mengkonsultasikannya pada dokter. Nah, berikut ini beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol dengan Berolahraga

1. Bersepedah

Bersepedah merupakan jenis olahraga sederhana yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic memaparkan dengan bersepedah secara rutin setiap hari selama 2 bulan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 5 %. Anda padat melakukan olahraga ini selama 30 menit sehari.

2. Olahraga Air

Olahraga air seperti berjalan di air, berenang ataupun beratifitas didalam air dapat membantu anda dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Senam / Aerobik

Luangkan waktu setiap hari untuk melalukan aerobik selama 30 sampai 60 menit. Pilihlah jenis aerobik sederhana seperti joging, latihan aerobik, berlari, berjalan kaki dapat menurunkan kadar LDL 5 sampai 10% dan meningkatkan kolesterol HDL 3 sampai 6 %.

4. Yoga

Senam yoga ternyata dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Anda dapat memilih teknik yoga anulom vilom dan kapalbhati pranayama selama 15 sampai 20 menit untuk mempertahan kondisi agar tetap stabil / normal. Jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, maka anda dapat meningkatkan durasinya selama 30 menit setiap harinya. Usahakan pada saat melakukan yoga, perut dalam keadaan kosong. Berikan jeda sekitar 5 jam antara waktu makan dan yoga. Lakukan olahraga secara perlahan dan perlahan agar tubuh anda tidak kaget. Imbangi dengan makanan dan olahraga yang seimbang.

Demikianlah, artikel sederhana yang bermanfaat mengenai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami. Semoga informasin diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Pencarian:

  • cara mengurai kolesterol
15 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami | Cara Sehat | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *