free web page counters

Ectomorph, Mesomorph, Dan Endomorph Itu Bullshit

Prinsip Latihan, Fitness, dan Nutrisi itu Sama Untuk Semua Orang

Ada 3 alasan mengapa gua benci teori Somatotype yang membahas tipe tubuh ecto/meso/endomorph:

  1. Teori ini hanya mitos.
    Pencipta teori ini sudah dibuktikan salah dan bahkan ia sengaja mencurangi data biar sesuai dengan teorinya [1].
  2. Prinsip diet dan nutrisi sama untuk semua orang.
    Ingin menciptakan otot? Makan diatas TDEE dan dapatkan protein yang cukup.
    Ingin memperabukan lemak? Makan dibawah TDEE.
  3. Prinsip latihan sama untuk semua orang.
    Ingin tambah kuat? Gunakan aktivitas yang menerapkan prinsip progressive overload.
    Ingin membesarkan otot? Benerin pola makan dan latihan angkat besi!

Teori ini menghancurkan kepercayaan diri orang dan menciptakan mereka berpikir:

“Gua Ectomorph.. Badan gua susah bikin otot”

“Gua Endomorph… susah banget nurunin berat badan!”

JANGAN MENGGUNAKAN GENETIK SEBAGAI ALASAN MALAS LATIHAN DAN MENGATUR DIET

Sejarah Somatotype Ecto / Endo / Mesomorph

Istilah-istilah Ectomorph ialah hasil karya seorang psikolog berjulukan William Herbert Sheldon [2].

William Herbert Sheldon is stupid and doesn’t even lift
Psikolog loh.
Ia bukan jago nutrisi.
Ia bukan dokter.
Dia juga ga pernah angkat besi seumur hidup.

Selain itu, ia menghubungkan SIFAT dan TEMPERAMEN seseorang dengan bentuk tubuhnya.

Menurut Sheldon [3]:

Loh kok yang diomongin tak ada hubungannya sama fitness?


MEMANG TIDAK ADA!

Selain tidak mempunyai kekerabatan dengan performa fitness dan fisiologi tubuh manusia, teori Sheldon pun tidak masuk akal.
Yang menentukan sifat seseorang ialah interaksi dengan lingkungan sekitar!
Masak orang kalo kurus otomatis penakut?
Gua juga kenal banyak orang berotot yang sifatnya pendiem.

Kita ini insan dan sifat kita sangat beragam, hampir tidak mungkin untuk menggolongkan sifat dengan tubuh manusia.

Tapi memang bener..
Mungkin orang berotot biasanya lebih percaya diri dan agak reseh.

Sekelompok “Asshole”, tipe orang yang sebaiknya tidak dipacari anak cewe kita

Tapi pada dasarnya begini,
Teori ecto / meso / endomorph itu menurut info yang sangat salah [4].


Terus gua gimana bro?

Nih gua ajarin singkatnya ya.

Untuk yang Merasa Dirinya “Ectomorph”

Stop.
Lo bukan ectomorph.

Lo cuman kurus dan kekurangan makan aja bro.
Asal lo disiplin latihan dan mengerti prinsip nutrisi, lo sanggup berhasil ibarat orang ini:

https://www.reddit.com/r/Fitness/comments/2np3lb/my_transformation_from_125lbs_to_175lbs/
Mulai kini gua akan memakai kata KURUS bukan ectomorph.
Ectomorph itu ngasal. Tidak ada Ectomorph.
Diet dan latihan untuk orang kurus:
  • Makan TDEE + 500 kalori tiap hari, pada umumnya, 3000 kalori cukup untuk bulking
    Klik untuk teladan kuliner 3000 kalori dalam 1 hari
    (Klik generate sesudah menentukan jenis-jenis kuliner yang kalian suka)
  • Dapetin protein 100 gram tiap hari
    (Bisa dari susu protein / daging, terserah lo)
  • Latihan minimal 3x per minggu
    (Saran gua AWR Beginner Workout)
Tolong dimengerti bahwa atlet natural itu SUSAH BIKIN OTOT dan harus sabar.
Lihat aja diatas, progressnya 4 tahun bro.

Untuk yang Merasa Dirinya “Endomorph”

Stop.
Lo bukan endomorph.

Lo cuman kebanyakan makan dan kurang aktifitas fisik.
Jujur, niscaya lo pernah main game online kan?

Just kidding, gua juga suka main kok (My name is from the hack and slash game Diablo)

Anyway, nothing is impossible.
Badan lo bukan susah ngebakar lemak.
Lo cuman males latihan dan makannya ga bener aja.

Nothing is impossible, nih contoh:

https://www.reddit.com/r/Fitness/comments/3yn9sr/m2757_twomonth_transformation_225185/
Diet dan latihan untuk orang gendut:
  • Makan 1500 kalori tiap hari
    (Klik untuk teladan kuliner 1500 kalori)
    Klik generate sesudah kalian pilih makanan-makanan yang kalian suka
  • Dapetin 100 gram protein tiap hari (latihan atau tidak)
  • Usahakan latihan 3x per minggu
    (Saran gua AWR Beginner Workout)


Kok latihannya untuk orang kurus dan gendut sama bro?

Emang sama.
Biologi insan itu cukup simple.

Semua orang itu mengikuti prinsip-prinsip gedein otot yakni:
– Latihan disiplin
– Atur makan yang bener
– Istirahat yang cukup
– Progressive overload
– Sabar Jing

Jangan percaya kalo orang yang ectomorph (bullshit) harus latihan begini.
Atau Endomorph ga boleh angkat berat-berat.
Complete bullshit. Horseshit. Tai kucing.

Get strong.
Eat right.
Rest well and the Aesthetics will come.

Penutup

Website-website populer fitness ibarat Bodybuilding.com niscaya akan tetep ngomongin konsep Ectomorph etc. 
Why?
Karena memang publik pengen baca ini.
Kadang-kadang publik itu kurang peduli sama fakta, dan lebih pengen denger info yang mereka percaya bener. 
Misalnya lo nemuin artikel-artikel yang membahas konsep somatotype, bersenanglah hati dikau sebab lo sadar bahwa yang mereka tulis bodoh. 
Regards and Stay Strong,
Brodibalo

References:

  1. Nude Photos Are Sealed At Smithsonian. (2016). Nytimes.com. Retrieved 5 April 2016, from
  2. William Herbert Sheldon. (2016). Wikipedia. Retrieved 5 April 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/William_Herbert_Sheldon
  3. Dictionary of Theories, Laws, and Concepts in Psychology. (2016). Google Books. Retrieved 5 April 2016, from https://books.google.co.id/books?id=6mu3DLkyGfUC&pg=PA427&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
  4. RAFTER, N. (2008). SOMATOTYPING, ANTIMODERNISM, AND THE PRODUCTION OF CRIMINOLOGICAL KNOWLEDGE*. Criminology, 45(4), 805-833. doi:10.1111/j.1745-9125.2007.00092.x