7 Makanan Pencegah Kanker Yang Wajib Di Ketahui

Makanan Pencegah Kanker – Kanker adalah jenis penyakit paling mematikan di dunia, sehingga penyakit kanker ini menjadi salah satu jenis penyakit yang paling di takuti oleh semua orang. Penyakit kanker ini dapat ditandai dengan terjadinya pertumbuhan sel di dalam tubuh yang tidak normal.

7 Makanan Pencegah Kanker

Makanan Pencegah Kanker

Makanan Pencegah Kanker

Penyakit kanker sendiri dapat disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada DNA yang akhirnya berubah menjadi mutasi pada sel tubuh, sehingga sel tersebut tidak dapat terkontrol dengan baik pertumbuhannya. Terjadinya proses pertumbuhan pada sel abnormal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, karena seiring pertumbuhannya sel yang telah mengalami kerusakan ini akan menyebar pada bagian tubuh lainnya dan merusak organ-organ di dalam tubuh.

Menurut hasil penelitian, terdapat lebih dari 100 jenis penyakit kanker yang telah dikenali dan setiap jenis kanker dinamai sesuai dengan bagian tubuh yang dijadikan tempat munculnya kanker, misalnya saja kanker payudara, kaker otak, kanker kulit, kanker paru-paru, kanker rahim dan lain sebagainya. Setiap jenis kanker dapat ditandai dengan gejala awal yang berbeda-beda.

Menurut data yang dihimpun dari WHO mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah penderita kanker payudara tertinggi di dunia, dan menurut American Cancer mengungkapkan bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang paling mematikan nomor 2 di dunia setelah penyakit Jantung.

PENYEBAB KANKER

Penyakit kanker sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantarannya yaitu :

  • Faktor Genetik/Keturunan
  • Faktor Makanan
  • Faktor lingkungan
  • Penuaan
  • Kebiasaan buruk merokok
  • Sering minum minuman beralkohol
  • Akibat paparan sinar matahari
  • Paparan zat kimia berbahaya
  • Berat badan berlebih/obesitas
  • Kelainan genetis

Faktor genetik atau bawaan, lingkungan dan juga makanan memang menjadi penyebab kanker yang sangat sulit untuk dikendalikan, tetapi dapat diperkecil dengan menjalani pola hidup dan makan yang sehat terutama di jaman modern seperti sekarang ini.

7 MAKANAN PENCEGAH KANKER

Menjalani Diet sehat dan pola makan yang teratur dapat mencegah berbagai jenis kanker. Pada kenyataannya, beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan senyawa antioksidan dan juga fitokimia sangat ampuh untuk melawan berbagai jenis penyakit kanker. Berikut ini beberapa makanan pencegah kanker yang wajib anda ketahui.

1. Brokoli

Rutin mengkonsumsi terbukti ampuh untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Brokolo sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis, di dalamnya mengandung senyawa aktif bernama Glukosianat yang dapat menghasilkan enzim untuk melindungi sel-sel baik di dalam tubuh.

Salah satu enzim yang dihasilkan dari Glukosianet yaitu Sulfurophane. Enzim yang satu ini mampu mencegah dan juga menurunkan resiko penyakit kanker dengan cara membuang zat-zat kimia yang menjadi pemicu kanker di dalam tubuh. Untuk mencegah kanker, anda cukup mengkonsumsi brokoli yang telah direbus atau di kukus setidaknya 2-3 kali seminggu.

2. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan air dan juga mengandung likopen tinggi. Likopen adalah jenis antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut dari hasi penelitian para ahli yang di publikasikan Journal of Nutritional Science and Vitaminology pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi buah tomat memiliki resiko yang lebih kecil terserang penyakit kanker dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi buah tomat. Buat tomat ini sangat efektif untuk mencegah kanker payudara, paru-paru, endometrium dan juga kanker lambung.

Jika anda ingin terhindari dari penyakit kanker, maka anda bisa mengkonsumsi buat tomat setiap hari atau setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu. Buah tomat tersebut dapat anda konsumsi langsung maupun di olah untuk dijadikan jus tomat.

3. Teh Hijau 

Teh Hijau adalah salah satu jenis minuman yang sangat populer di dunia kesehatan. Teh hijau ini sangat bermanfaat untuk mencegah kanker, karena di dalamnya terkandung beberapa senyawa aktif seperti xanthine, cathecinedan, epicatechin dan juga epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Selain itu, Teh hijau juga ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh dan sekaligus menggantil sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru.Untuk meminimalisir terjadinya resiko kanker pada tubuh, sebaiknya minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari. Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

4. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan juga fitonutrient. Kedua senyama ini sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tidak hanya itu, Blueberry juga memiliki kandungan vitamin C, K, serat dan juga mineral mangan yang bermanfaat untuk meminimalisir resiko terserang penyakit kanker. Untuk mendapatkan manfaat dari buah Blueberry ini, anda cukup mengkonsumsi 1 gelas jus buah blueberry setiap hari.

5. Bayam

Selain tinggi akan kandungan serat, ternyata bayam juga memiliki kandungan nutrisi dan juga senyawa antioksidan tinggi seperti Vitamin A, beta karoten, asam folat, zeaxanthin, lutein dan juga karatenoid. Semua kandungan nutrisi dan senyawa tersebut mampu menangkal serangan radikal bebas dan efektif untuk menurunkan resiko penyakit kanker, sehingga setiap orang sangat disarankan untuk menambahkan sayur bayam pada menu makanan harian anda. Hal ini dikarenakan, sayur bayam dapat mencegah penyakit kanker paru-paru, ovarium, mulut dan juga kanker usus. Anda dapat mengkonsumsi satu mangkuk sayur bayam minimal 2 kali seminggu, anda juga bisa menambahkan pada sup, salad dan juga jus sayuran.

6. Delima

Buah merah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan tinggi seperti antosianin, flavonoid, tanin dan juga fenol. Semua kandungan senyawa yang terkandung di dalam buah delima tersebut cukup ampuh untuk mencegah resiko penyakit kanker yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Buah delima terbukti efektif untuk mencegah kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker hati dan juga kanker payudara.

Kandungan senyawa polifenol yang terdapat pada buah delima dapat bekerja dengan cara menghambat proses pertumbuhan dan juga perkembangan sel kanker di dalam tubuh serta mencegahnya agar tidak menyebar pada bagian tubuh lainnya. Cara mengkonsumsinya cukup dengam menambahkan buah delima pada menu sarapan pagi anda dengan dijadikan jus, minum secara rutin setiap hari atau setidaknya 3 kali seminggu.

7. Anggur

Buah dan juga biji anggur mengandung zat antioksidan tinggi yang sangat ampuh kanker, karena kandungan antioksidan tersebut efektif untuk menghambat produksi protein yang menjadi penyebab pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, di dalam buah anggur juga mengandung zat anti peradangan yang dapat mencegah stress oksidatif atau terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat dari buah anggur ini, maka anda dapat mengkonsumsi buah anggur secara rutin setiap hari baik di konsumsi secara langsung ataupun dijadikan jus.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai 7 Makanan Pencegah Kanker, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih dan salam sehat untuk kita semua .

7 Makanan Pencegah Kanker Yang Wajib Di Ketahui | Cara Sehat | 4.5

Leave a Reply