Apakah Otot Harus Pegel Sesudah Latihan Supaya Terus Berkembang?

Rekomendasi Sponsor:
So pertama, ayo kita ngomongin konsep PEGEL sesudah latihan.
Perasaan pegel yang kalian rasakan itu disebut DOMS.
Delayed
Onset
Muscle
Soreness
DOMS itu berbeda dengan jenis-jenis pegel lain seperti:
  • Pegel SAAT latihan alasannya yakni produksi Lactic Acid
    (Ini perasaan pegel dan terbakar pada otot kalau kalian melaksanakan repetisi cukup tinggi)
  • Pegel alasannya yakni cedera
Pemula yang tiap hari ngantor sambil buka kaskus, kemudian mulai latihan pasti akan pegel DOMS 1-3 hari sesudah latihan.
Ingat bahwa ketika kita latihan dengan skema repetisi dan set yang optimal, kita itu sebenernya merusak sel-sel otot kita [1].
Latihan itu merusak sel otot dan memberi stimulus pada tubuh untuk menciptakan otot lebih besar lengan berkuasa dan besar.
Karena itulah mengatur rujukan makan, mendapat protein cukup, dan istirahat sangat penting untuk membesarkan dan memperkuat otot. Karena otot kita dibangun ulang kalau kita istirahat dengan cukup [4].
Semakin sering kita latihan, tubuh kita akan mulai terbiasa dengan gerakan tersebut.
Karena itulah perasaan pegel DOMS tidak akan separah minggu-minggu pertama kalian mulai latihan.
Kalau kalian memakai program latihan bagus dan terus fokus untuk meningkatkan beban yang diangkat, kemungkinan besar kalian akan tetap pegal DOMS 1-3 hari sesudah latihan [3].
Bukan berarti kalian harus pegel berarti.
Kadang-kadang kalian sudah latihan dengan sangat manis tapi ototnya tidak pegal.
TAPI bukan berarti kalian latihannya nyantai ya.
Focus on getting stronger and lift heavier weights dengan teknik kondusif dan sempurna.

Moral dari dongeng adalah, jangan khawatir otot tidak tumbuh / tambah besar lengan berkuasa kalau tidak pegel. Pastikan kalian memakai kegiatan yang manis dan selalu tantang tubuh kalian biar lebih kuat.

Penyebab pegel DOMS adalah:
  • Jenis Latihan yang Kalian Lakukan
    Semakin hebat kalian pada gerakan tertentu (Ex: Benchpress), semakin kurang pegel.
    Bayangin kalian udah usang benchpress, tubuh tidak pegel.
    Tapi kemudian kalian mencoba Incline Dumbbell Press. Gerakannya gres dan kemungkinan besar kalian akan pegel DOMS sesudah melaksanakan gerakan gres tsb.
    Sekali lagi, bukan berarti kalian harus gonta-ganti gerakan ya.
    Pilih gerakan dari kegiatan latihan diatas dan fokus tambah besar lengan berkuasa saja.
    Tidak ada gunanya melaksanakan lebih dari 10 jenis latihan dada dalam 1 hari.
  • Intensitas Latihan Kalian
    Kalo kalian benchpress 100 kg ahad ini, dan ahad depan benchpress 102.5 kg, kemungkinan besar kalian akan pegel [3].
    Maybe yes, maybe not.
  • Genetik dan Badan Kalian
    Beberapa orang memang dapat recover lebih cepat [2]
    Bisa jadi alasannya yakni genetik mereka memang manis atau..
  • Kurang Protein, Kalori, dan Lemak Sehat
    Inilah alasannya kenapa gua selalu menekankan pentingnya protein.
    Try your best untuk mendapat 1.5 gram protein utk setiap kilogram berat tubuh kalian.

Eat well.
Rest well.
Get stronger