Cara Memperabukan Lemak Dan Menciptakan Otot Di Dikala Yang Sama

Rekomendasi Sponsor:

Sebelum kita mulai...

Gua berasumsi semua orang yang membaca artikel ini yakni atlet natural yang tidak memakai steroid (baik dalam bentuk pil maupun suntikan).
PANDUAN INI UNTUK ATLET NATURAL!




Kalian semua niscaya sudah ngerti konsep TDEE ya

Dalam dunia fitness ada dua konsep diet yang seringkali dibahas, yaitu:

  1. Bulking
  2. Cutting
Bulking = Makan banyak (diatas TDEE) semoga menambah berat otot.
Cutting = Makan dibawah kebutuhan TDEE semoga memperabukan lemak.

Nah, dengan prinsip yang berlawanan itu...
Apa sanggup ngebakar lemak dan bikin otot disaat yang sama?

YES, BISA.
TAPI....

Hanya beberapa orang yang sanggup memperabukan lemak dan menciptakan otot disaat yang sama:

  • Orang yang pake Steroid
  • Orang dengan genetik / keturunan tuhan (sangat jarang)
  • Orang yang GENDUT / SKINNY FAT

Gua mau fokus sama grup GENDUT dan SKINNY FAT.
Singkatnya gini aja.
Semakin banyak lemak yang ada pada tubuh kita.... makin praktis memperabukan lemak itu.
Sebagai contoh, 
Orang yang badannya sudah sangat atletis menyerupai ini akan lebih susah memperabukan lemak!
Contoh Badan Atletis Rendah Bodyfat
Contoh diatas mempunyai tubuh yang sangat "LEAN" dan bodyfat percentagenya cukup rendah.
Karena itulah... akan sangat susah untuk memperabukan lemak dan menciptakan otot di ketika yang sama!
Bandingkan dengan orang yang badannya menyerupai ini:
The SKINNY-FAT CREW
Orang-orang diatas mempunyai lemak yang lebih banyak dan mereka sanggup membakar lemak dan menciptakan otot disaat yang sama.
Tolong dimengerti bahwa lemak itu sebenernya TIDAK JAHAT!


Fat Cells = Sel Lemak dibawah Kulit
Beberapa pola fungsi lemak yakni sebagai energi simpanan dan mengatur level-level hormon dalam tubuh, misalnya Insulin, Leptin, Estrogen, dan lain lain [1] [2].
Karena lemak dalam tubuh (sel lemak / Adipocyte) itu sebenernya berguna..
Semakin dikit lemak pada tubuh kita, semakin SUSAH membakar lemak itu.
Karena tubuh kita tidak ingin kita mempunyai bodyfat percentage yang terlalu rendah.
(Bodyfat percentage yang terlalu rendah itu sanggup berbahaya untuk kesehatan). 
Kaprikornus gini ya:

Misalnya kalian sudah usang latihan dan mempunyai perut rata dan tubuh atletis.. akan sangat susah untuk memperabukan lemak dan menciptakan otot disaat yang sama!

Misalnya kalian mempunyai tubuh yang cukup berlemak menyerupai gambar dibawah, kalian sanggup memperabukan lemak dan menciptakan otot di SAAT YANG SAMA.


The SKINNY-FAT CREW

BAGAIMANA CARANYA?

Ada 3 faktor yang harus diperhatikan untuk memperabukan lemak dan menciptakan otot disaat yang sama:

  1. Pelajari konsep TDEE, dan makan sedikit dibawah TDEE.
    Contohnya, makan TDEE - 300 kalori tiap hari.
  2. Pilih kegiatan latihan yang manis untuk pemula.
    Contohnya AWR Beginner Workout, dan fokus untuk tambah kuat menggunakan prinsip Progressive Overload
  3. Pastikan kalian menerima PROTEIN yang cukup.
    Untuk hasil paling optimal, dapatkan minimal 1.5 gram protein untuk setiap kilogram berat badan.
Dan gua berikan pola hidangan masakan yang paling sering gua pake:
  • Nasi Putih Matang 150 Gram
  • Dada Ayam Panggang dengan Olive Oil dan Bawang Putih (Berat Mentah 150 - 200 gram)
  • Brokoli Rebus 100-200 Gram
Total Calories = 500 - 600 Calories
Total Protein = 35 - 45 gram Protein

Coba saja makan ini 3x per hari, dan latihan DISIPLIN selama minimal 3 bulan..
Dan niscaya kalian akan melihat hasil.
Good luck and stay strong!
References:
  1. SE, N. (2016). Estrogen production and action. - PubMed - NCBI . Ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved 11 May 2016, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11511861
  2. Klok MD, e. (2016). The role of leptin and ghrelin in the regulation of food intake and body weight in humans: a review. - PubMed - NCBI . Ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved 11 May 2016, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17212793