Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

Rekomendasi Sponsor:
Cara Sehat - Tertawa merupakan luapan emosi nyata yang biasa dilakukan oleh orang ketika melihat atau mendengar sesuatu yang membuat dirinya geli ketika merespon hal tersebut. Tertawa sama saja dengan mengeluarkan ekspresi kebahagian yang secara spontal dan tidak di reka-reka. Beda halnya dengan senyum yang tentunya dibuat-buat meski kesannya menyapa kita tanpa suara.
Kata orang, tertawa yakni obat infinit muda. Benarkah? Hal tersebut belum bisa dijawab secara pasti, namun paling tidak tertawa sanggup membuat suasana berbeda. Orang yang tertawa juga terlihat lebih segar dan hari-harinya dipenuhi dengan kebahagiaan dan keceriaan, berbeda sekali dengan ekspresi orang yang sedang marah, jutek, uring-uringan dan sedang tidak bahagia.
 merupakan luapan emosi nyata yang biasa dilakukan oleh orang ketika melihat atau menden Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan
Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan
Kembali menyinggung mengenai pendapat orang-orang bahwa tertawa sanggup membuat infinit muda, bukan berarti orang yang memasuki usia lanjut harus tertawa setiap hari, setiap jam, setiap meni bahkan setiap detik, tentu tidak wajar. Dikatakan demikian alasannya yakni tertawa memang berguna untuk diri kita. Salah satunya dilihat dari aspek medis, berikut ini beberapa manfaat tertawa lepas untuk kesehatan tubuh.
1. Tertawa sanggup membuat suasana kerja yang positif
“A day without laughter is a day wasted” - Charlie Chaplain
Lingkungan kerja yang sepi sunyi berdasarkan sebagian orang memang nyaman, tapi tidak bisa dipungkiri lama-kelamaan hati akan merasa gelisah dan tidak nyaman dengan suasana yang sepi tersebut.
Telah dikabarkan dalam laman lifehack.org bahwa orang yang saling menertawakan bisa membuat suasana di ruang kerja yang nyaman, meski berisik tetap saja mendamaikan hati. Bahkan ada sebuah tim yang mempunyai peluang sukses lebih besar lantaran ketika bekerja tak jarang yang saling mengejek (dalam batas wajar), contohnya yang dituju untuk orang gendut: “Ah, gak fokus kerja nih kalau kerja disamping gendut. Bawaannya laper mulu”. Secara impulsif rekan kerja yang mendengar dagelan Anda tersebut serentak akan tertawa, tidak percaya? DIcoba saja, tapi risiko tanggung sendiri.
2. Tertawa mengembalikan semangat untuk beraktifitas
“Laughter is the sun that drives winter from the human face.”, begitu kata Victor Hugo.
Saat bekerja atau melaksanakan sesuatu yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi hanya bisa bertahan beberapa saat. Sebab otak akan terus dipaksa untuk berkonsentrasi. Coba Anda selingi dengan membaca dongeng humor atau pantun humor yang mengundang tawa, niscaya tanpa disadari semangat Anda akan pulih kembali
3. Tertawa sanggup memacu keberanian untuk berpendapat
Ketika meeting atau di forum-forum tak jarang seseorang dimintai pendapat. “Bagaimana baiknya?”, “Lantas, apa solusinya”, “Apakah Anda punya saran lain?”, dsb dsb. 
Mendengar pertanyaan demikian, tak sedikit orang yang menggelengkan kepala alias tidak mau berpendapat. Sebenarnya semua orang ketika menerima pertanyaan semacam itu diotaknya terlintas sebuah ide, namun lisan dan hati seakan menolak inspirasi tersebut keluar. Hal ini masuk akal terjadi kalau otak sedang stres lantaran beban pikiran. Oleh karenanya, tertawa bisa membuat seseorang berani untuk memberi ide, membuat sebuah penemuan dan segala sesuatu yang menguntungkan.
4. Tertawa akan melemaskan saraf dan otak
Setelah tertawa lepas, tak sedikit orang yang mencicipi otaknya serasa bebas tanpa beban. Hal tersebut lumrah terjadi, kenapa? Sebab tertawa akan memicu pelepasan hormon anti-depresi dan anti-stres yang efeknya akan dirasakan oleh tubuh, otak dan sistem saraf insan selama 30 - 45 menit sehingga membantu otak dan sistem saraf menajdi rileks dan tenang.
Manfaat tertawa lepas untuk kesehatan memang banyak dan tak pernah di duga, namun jangan Anda terlalu hiperbola lantaran akan membuat perut sedikit sakit. Tapi, lantaran tertawa tidak bisa di rekayasa pastinya Anda akan menghiraukan dilema tersebut, memang sepele dan rasa sakit di perut itu akan hilang sesudah Anda berhenti tertawa secara bertahap. Bicara soal sakit perut, biasanya akan merambat ke diare, tapi diare bisa diobati dengan gampang dengan manfaat daun salam.